Cara Lihat Rute Alternatif Ganjil Genap di Google Maps

Agustus 8th, 2019 by Mada Prastya
Rute Alternatif Ganjil Genap

Google Maps menjadi salah satu aplikasi peta atau navigasi yang populer di kalangan pemilik mobil. Menariknya lagi, Anda juga bisa mencari rute alternatif ganjil genap berbekal aplikasi tersebut.

Pemerintah telah resmi untuk memperluas penerapan ganjil genap di DKI Jakarta. Dengan begitu, peraturan ganjil genap akan berlaku di lebih banyak jalan Ibukota.

Sebagai pemilik mobil, mungkin ada kalanya Anda perlu mencari jalur alternatif guna menghindari peraturan ganjil genap. Untuk hal ini, Anda bisa melakukannya dengan aplikasi Google Maps.

(Baca juga: Diperluas, Ketahui Rute Ganjil Genap Terbaru)

Jika Anda menggunakan versi terbarunya, maka bisa menemui opsi “You have en even plate” dan “You have an odd plate“. Opsi yang pertama disebut bisa Anda pilih memiliki kendaraan roda empat dengan nomor polisi genap. Sedangkan untuk pilihan yang kedua sebaliknya.

Satu hal yang disayangkan, pilihan ini hanya bisa ditemui di aplikasi Google Maps untuk smartphone dengan sistem operasi Android.

Cara mendapatkan rute alternatif ganjil genap di Google Maps

1. Langkah pertama yang Anda perlu lakukan ialah membuka aplikasi Google Maps yang sudah terpasang di smartphone Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang mumpuni.

2. Masukkan nama tempat tujuan Anda di kolom yang sudah disediakan di dalam aplikasi. Kemudian, pastikan Anda memilih jenis transportasi kendaraan roda empat atau lebih yang ditandai dengan ikon mobil.

3. Sebelum Anda menekan tombol “Start“, masuk terlebih dahulu ke pengaturan rute (Route options). Anda bisa menemukan tombolnya di sisi kanan atas aplikasi.

4. Pada tahap inilah Anda akan menemukan pilihan “You have en even plate” dan “You have an odd plate“. Tergantung mana yang Anda pilih, nantinya aplikasi akan menunjukkan jalan menuju tempat tujuan sesuai dengan nomor polisi kendaraan Anda. Dengan menghindari peraturan ganjil genap.

5. Setelah rute alternatif tersaji, Anda tinggal menekan tombol “Start” lalu melakukan perjalanan seperti biasa.

Dalam perluasan ganjil genap kali ini, setidaknya ada enam belas jalan baru yang kini berlaku ganjil genap. Masa sosialisasi akan berakhir pada hari ini, Jumat (8/8). Kemudian tahapnya akan memasuki masa uji coba dimulai 2 Agustus hingga 6 September 2019 mendatang.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top