Test Drive Mobil: Pembeli Punya Hak, Penjual Wajib Waspada!

Juli 17th, 2019 by Carol
test drive mobil

Test drive atau uji coba kendaraan merupakan sesuatu yang lumrah dalam proses jual beli mobil. Namun, tahap test drive mobil ini sering kali menjadi tahap yang cukup dilematis bagi penjual. Pasalnya, test drive punya konsekuensi yang mungkin merugikan penjual. Beberapa konsekuensi tersebut misalnya risiko kerusakan pada mobil atau bahkan tindak kejahatan yang dilakukan oleh calon pembeli.

Namun, bagaimana pun juga, test drive mobil adalah hak bagi calon pembeli. Jika ingin mendapat kepercayaan dari calon pembeli, seorang penjual perlu mengakomodirnya sebagai bagian dari upaya memberikan layanan yang baik. Tanpa test drive kendaraan, calon pembeli bisa jadi batak menebus kendaraan yang Anda jual karena tidak bisa merasakan sendiri kondisi kendaraan. Jalan tengahnya adalah mempersilakan calon pembeli untuk melakukan test drive sambil tetap waspada. Anda yang ingin menjual mobil bekas bisa menerapkan beberapa tips berikut saat calon pembeli meminta melakukan test drive.

Jangan Lepas Kendaraan Selama Test Drive Mobil Berlangsung

Hal terpenting yang harus Anda ingat saat calon pembeli meminta test drive mobil ialah jangan sekali-kali melepaskan kendaraan begitu saja. Test drive mobil harus ditunggu dan diawasi langsung oleh Anda sebagai penjual dan pemilik mobil. Lebih baik lagi jika Anda pun menemani proses test drive dengan duduk di samping calon pembeli. Dengan demikian, Anda bisa memastikan keamanan mobil yang diuji coba.

Jangan Meninggalkan Dokumen Kendaraan di Dalam Mobil

Selain tips di atas, Anda juga sebaiknya tidak meninggalkan dokumen kendaraan di dalam mobil. Dokumen atau surat-surat penting kendaraan harus selalu dipegang oleh Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah dokumen atau surat tersebut berpindah tangan ke orang-orang yang tidak berhak tanpa Anda ketahui.

Minta Identitas Calon Pembeli Sebelum Test Drive Mobil Dimulai

Sebelum calon pembeli melakukan test drive mobil, tak ada salahnya meminta identitas asli mereka. Identitas tersebut dapat berupa KTP atau SIM yang terjamin keabsahan dan keasliannya. Cara yang dapat Anda lakukan adalah mengecek kesesuaiannya dengan penampilan calon pembeli yang Anda temui. Identitas tersebut berguna sebagai jaminan yang dapat membantu Anda menemukan jalan keluar jika hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Ajak Orang Lain untuk Menemani Anda

Tips Test Drive Mobil

Untuk menghindari risiko kejahatan atau hal-hal berbahaya lainnya, ada baiknya mengajak orang lain untuk menemani Anda bertemu dengan calon pembeli. Pastikan orang yang Anda ajak adalah orang yang memang dapat dipercaya, seperti anggota keluarga atau teman dekat yang sudah sangat dikenal.

Pilih Lokasi Test Drive Mobil yang Tepat

test drive mobil

Sumber: kumparan.com

Terakhir, untuk menjamin keamanan dan keselamatan Anda serta kendaraan Anda, pilihlah lokasi test drive yang tepat. Pilihlah lokasi yang tidak ramai, tetapi juga tidak terlalu sepi. Ukuran area atau lokasi juga perlu Anda pertimbangkan. Anda bisa menawarkan calon pembeli untuk test drive di area terbatas, seperti area parkir berkarcis yang masih cukup luas atau area komplek perumahan. Lahan di dua contoh area tersebut memang tidak dapat digunakan untuk mengeksplor performa mobil sepenuhnya, tetapi cukup untuk memberi gambaran tentang kondisi atau rasa mengendarai mobil yang hendak Anda jual.

Jual Mobil Bekas di Caroline 100% Aman dan Bebas Biaya

Jika ingin keamanan terjamin, Anda dapat menjual mobil bekas di Caroline. Seluruh proses jual beli mobil di Caroline didampingi dan dibantu oleh tim profesional. Tak hanya itu, prosesnya pun 100% transparan dan bebas biaya!

Baca Juga: Tips Tak Tertipu Calon Pembeli Mobil Bekas. Sebagai Penjual, Anda Wajib Tahu!

Bantuan dari tim profesional Caroline sangat lengkap, mulai dari tahap awal hingga akhir. Pada tahap awal, Caroline akan memberikan inspeksi kendaraan gratis. Dengan inspeksi kendaraan, Anda akan mendapat harga jual mobil yang transparan sesuai dengan hasil penilaian terhadap kondisi kendaraan. Pada tahap berikutnya, Caroline juga akan mengawasi berlangsungnya sistem penawaran harga terbaik. Anda sendiri dapat ikut memantau proses tersebut secara real time. Setelahnya, jika mobil dititipkan pada Caroline, tim profesional Caroline akan menangani calon pembeli yang ingin melakukan survei kendaraan. Anda sudah tak perlu lagi repot mengatur jadwal survei dan meluangkan waktu untuk bertemu calon pembeli. Caroline yang akan melakukan semuanya untuk Anda. Tak perlu khawatir soal keamanan, Caroline memberikan jaminan garansi!

Baca Juga: Pengalaman Jual Mobil Bekas, Seperti Apa Suka Dukanya?

Segala layanan yang dijamin transparan dan 100% aman tersebut bertujuan untuk membebaskan Anda sebagai penjual dari berbagai risiko kerugian. Anda kini tak perlu takut lagi untuk menjual mobil Anda. Sudah ada solusi baru jual beli mobil yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Cara Baru Jual Beli Mobil yang Lebih Nyaman

Hanya di Caroline semua ini bisa Anda dapatkan. Yuk, jual mobil di Caroline aja!

 

Top