Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Beli Mobil Bekas Tak Seperti Beli Kucing dalam Karung!

April 16th, 2019 by Carol

Beli mobil bekas itu untung-untungan? Ah, siapa bilang! Mitos ini sekilas dengar mungkin terasa benar. Tidak jarang pembeli dibuat kecewa karena kondisi kendaraan saat digunakan tak seperti yang semula dijanjikan. Ada juga kendaraan yang ternyata bermasalah dan baru ketahuan setelah beberapa kali pemakaian.

Namun, tenang saja. Beli mobil bekas itu tidak selalu seperti beli kucing dalam karung, kok! Ada beberapa hal yang jika dari awal diperhatikan sebenarnya bisa memberikan Anda kepastian soal kualitas kendaraan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, membeli mobil bekas tak lagi terasa seperti gambling dan Anda bisa menghindari kerugian.

Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Legalitas kendaraan adalah hal pertama yang harus Anda pastikan. Anda tentunya tak mau membawa pulang mobil yang ternyata ilegal atau bermasalah. Coba perhatikan kelengkapan surat-surat mobil bekas yang hendak Anda beli sebelum menyepakati transaksi. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah dua dokumen yang wajib ada karena merupakan bukti legalnya kendaraan yang sah di mata hukum. Jangan lupa juga untuk perhatikan kesesuaian data di dua dokumen tersebut dengan identitas kendaraan, seperti plat nomor atau ciri fisiknya, ya!

Kondisi Kendaraan

Setelah memastikan kelengkapan dokumen, yang berikutnya harus Anda perhatikan adalah kondisi kendaraan. Mengingat tak semua orang paham dengan otomotif, hal ini mungkin sedikit tricky jika dilakukan sendiri. Padahal, ada banyak faktor selain kondisi fisik yang menentukan kondisi kendaraan. Solusinya, Anda bisa mengajak penjual untuk lebih dulu melakukan inspeksi kendaraan. Hasil inspeksi dapat memberi gambaran yang lebih meyakinkan soal kondisi dan kualitas kendaraan.

Baca Juga: Tak Paham Otomotif? Andalkan Inspeksi Kendaraan Agar Mobil Bekas Tetap Aman

Transparansi Harga dan Proses Pembayaran

Ada baiknya Anda selalu mengecek harga pasar mobil bekas yang Anda incar. Dengan begitu, Anda tak akan mudah terjebak oleh permainan harga yang biasa dilakukan perantara atau penjual. Anda juga dapat meminta penjual untuk membuat detail atau rincian dari total biaya yang harus dibayarkan, termasuk mempertimbangkan kesepadanannya dengan hasil inspeksi atau kondisi kendaraan.

Masih berkaitan dengan harga, hal lain yang tak boleh lupa Anda perhatikan adalah soal proses pembayaran. Proses pembayaran ini mencakup sistem pelunasan total biaya, cara apa yang akan digunakan, siapa saja pihak yang akan dilibatkan, hingga adakah jaminan perlindungan terhadap transaksinya? Pastikan semuanya disepakati secara jelas sejak awal.

Beli dari Pihak yang Terpercaya

Bisa jadi lupa dipikirkan, tetapi kredibilitas penjual adalah hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Sebaiknya, pastikan Anda membeli dari pihak yang sudah berpengalaman atau terpercaya.

Caroline adalah online marketplace khusus jual beli mobil bekas yang mampu menjawab persoalan ini. Anda dapat mempercayakan urusan beli mobil bekas pada Caroline sebab layanannya tersedia lengkap dari awal hingga akhir proses pembelian. Caroline dapat melakukan dan menjamin semuanya untuk Anda, mulai dari inspeksi gratis untuk menjamin kualitas kendaraan, proses pembayaran, hingga pemberian buyback warranty sebagai jaminan.

Baca Juga: Caroline sebagai Tempat yang Aman dan Terpercaya untuk Membeli Mobil Bekas

Caroline memfasilitasi inspeksi kendaraan gratis untuk mengecek dan menilai kondisi yang hendak Anda beli. Tim inspeksi yang handal dan profesional akan memeriksa mobil secara detail, mulai dari bagian luar hingga dalam, termasuk mesin, kilometer, dan perlengkapan lainnya. Hasil inspeksi ini tidak hanya meyakinkan Anda soal kualitas kendaraan, tetapi juga menjamin transparansi harga. Anda akan membayar sesuai dengan penilaian Caroline terhadap kendaraan.

Caroline juga tidak akan lepas tangan hingga mobil yang Anda incar terparkir cantik di garasi Anda. Dalam mengurus proses pembayaran, Caroline akan menemani setiap proses yang dilewati. Bahkan jika Anda ingin mengajukan kredit, Caroline akan membantu prosesnya agar Anda tak perlu merasa sulit. Tunai atau kredit, bukan masalah.

Setelah pembelian pun, Caroline akan tetap memberikan perlindungan dengan adanya fasilitas buyback warranty. Seluruh mobil yang dijual dipastikan memiliki kondisi yang sesuai dengan hasil inspeksi. Dengan jaminan ini, Anda tak perlu takut akan adanya manipulasi penilaian yang berujung merugikan atau mengecewakan.

Baca Juga: Cara Baru Jual Beli Mobil yang Lebih Nyaman 

Sebagai bagian dari Triputra Group, juga didukung oleh Astra Credit Company dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dalam proses transaksinya, Anda tak perlu ragu lagi untuk percayakan solusi baru jual beli mobil bekas pada Caroline. Pasti aman dan terjamin!

Top