Tips Beli Mobil Bekas: Mengecek Bagian Interior

Juli 29th, 2019 by Mada Prastya
Tips Beli Mobil Bekas Interior

Salah satu tips beli mobil bekas bagi para awam ialah mengecek bagian interior kendaraan. Tujuannya, apalagi jika bukan untuk mendapatkan mobil dengan kondisi interior yang mulus.

Memastikan interior mobil dalam kondisi yang baik memang cukup penting. Karena sebagai pengguna, kita akan menghabiskan banyak waktu di dalam kabin kendaraan.

Lantas, bagian apa saja yang mesti diperhatikan ketika mengecek interior mobil bekas?

(Baca juga: Beda Mitsubishi Pajero Sport Facelift dari Versi Lama)

1/ Pastikan dashboard dalam keadaan baik

Inspeksi interior mobil bekas bisa Anda mulai dengan melihat dashboard. Sebisa mungkin hindari membeli mobil bekas dengan kondisi dashboard rusak karena harga komponen penggantinya cukup menguras kantong.

Jangan ketinggalan juga untuk mengecek laci-laci pada dashboard.

Nah, saat mengecek bagian dashboard maka Anda juga bisa sekalian memastikan intrumen panel yang meliputi speedometerfuel gaugetakometer, dan indikator-indikator lain berfungsi sempurna.

2/ Tips beli mobil bekas, lihat kondisi bungkus jok

Bagian selanjutnya yang perlu dicek ialah jok mobil. Langkah awal ialah memastikan kondisi bungkus jok, terutama di bangku pengemudi dalam kondisi baik.

Sebenarnya, kondisi bungkus jok yang sudah pudar atau mengelupas merupakan hal wajar seiring usia pemakaian. Namun, berarti Anda perlu merogoh kocek lagi untuk memperbaikinya. Makanya, sebisa mungkin cari yang kondisinya masih bagus.

Tips tambahan, jika jok mobil dibalut semacam sarung pelindung, jangan sungkan untuk meminta izin penjual untuk melihat kulit jok asli di baliknya.

3/ Periksa pedal dan tuas-tuas

Pedal dan tuas-tuas yang ada di dalam interior berhubungan langsung dengan pengalaman berkendara yang akan Anda rasakan bersama mobil incaran. Maka sudah sewajarnya untuk memastikan kondisinya sebelum membeli mobil tersebut.

Bagian yang perlu Anda pastikan kondisinya bekerja seratus persen meliputi pedal gas, pedal rem, pedal kopling (jika mobil manual), tuas transmisi, tuas rem tangan, hingga tuas lampu-lampu.

Karena sering digunakan, wajar jika penampilan bagian-bagian ini sudah tak begitu kinclong. Namun yang utama fungsinya harus seratus persen berfungsi.

4/ Amati door trim dan konsol-konsol

Door trim atau pelapis bagian dalam pintu akan menurun kondisinya seiring pemakaian. Wajar, karena bagian ini banyak mengalami gesekan dengan sepatu atau tangan penumpang.

Hal serupa juga kerap terjadi pada konsol-konsol penyimpanan barang yang ada di interior kendaraan. Terutama konsol tengah antara pengemudi dengan penumpang di sampingnya yang sering dijadikan sandaran tangan.

5/ Lihat plafon atap mobil

Tak kalah penting ialah memeriksa plafon interior. Walau jarang, bagian ini juga tak lepas dari gangguan kondisi. Mulai dari menempelnya noda hingga mengalami robek atau bolong.

Mau tak mau, inspeksi terhadap bagian-bagian tersebut mesti dilakukan agar Anda mendapat mobil dengan value yang paling bagus.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top