Toyota Avanza Bekas 1.3G, Ini Tips Beli Unit Bekasnya

Juli 3rd, 2019 by Mada Prastya
Toyota Avanza Bekas

Menengok pasar mobil bekas di Indonesia, konsumen akan menemukan beragam pilihan model yang tersedia. Namun, sulit disangkal jika Toyota Avanza bekas punya daya tarik lebih dibanding model lain.

Ada sejumlah alasan yang membuat Toyota Avanza menjadi incaran banyak calon pembeli mobil bekas. Hal ini utamanya terkait daya angkut kabin yang mencapai tujuh bangku penumpang. Selain itu, Toyota Avanza juga dikenal sebagai mobil yang “bandel” dan murah dalam perawatan.

Di pasar mobil bekas, tipe yang paling dicari untuk MPV (Multi Purpose Vehicle) ini ialah Toyota Avanza 1.3G M/T. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Sonni Budhi Purnama, Business Development CAROLINE.id.

“Avanza paling banyak dicari itu tipe G dengan transmisi manual. Untuk tahunnya sih relatif ya,” buka Sonni saat ditemui di tempatnya bertugas, CAROLINE.id Inspection Center Pondok Pinang, Jakarta.

Ia melihat, Toyota Avanza G produksi tahun muda atau tua sama-sama banyak dicari. Bedanya, untuk tahun tua permintaannya lebih besar di daerah laur Jakarta. Sebaliknya, konsumen di Ibukota kerap mencari yang keluaran tahun muda, misalnya produksi setelah 2013.

Bagi calon konsumen yang berminat mencari unit seken Toyota Avanza tipe ini, sebenarnya tak ada hal khusus yang mesti diperhatikan. Namun, bukan begitu bisa sembarangan memilih barangnya. Sonni yang telah bertahun-tahun berkecimpung di dunia jual beli mobil bekas pun memberikan tips bagi konsumen yang ingin beli Toyota Avanza bekas.

Namun, sebelum itu, ada baiknya tengok terlebih dahulu spesifikasi dan sejarah perjalanan Toyota Avanza.

Sejarah Mobil Avanza

Toyota Avanza pertama kali lahir pada tahun 2003 lewat sebuah pameran otomotif akbar nasional. Faktanya, mobil ini sebenarnya dibuat oleh Daihatsu sebagai bagian dari kerja sama Avanza-Xenia.

Awal kali muncul, Avanza hanya tersedia dalam dua pilihan model, yaitu tipe 1.3E dan 1.3G. Pilihan transmisinya pun terbatas hanya manual. Seiring perjalanan waktu, pabrikan tercatat beberapa kali memberi sentuhan penyegaran.

Hal itu bisa ditemui di generasi keduanya yang meluncur pada akhir 2011. Pada momen ini juga meluncur tipe Veloz yang menduduki kasta tertinggi dari semua tipe Toyota Avanza. Facelift pertama dari generasi ini dilakukan pada 2015 yang sekaligus mengubah namanya dari All New Avanza menjadi Grand New Avanza.

Empat tahun kemudian, model ini kembali mendapat penyegaran tepatnya pada 15 Januari 2019.

Spesifikasi Toyota Avanza 1.3G

Spesifikasi Toyota Avanza 1.300cc mesinnya menggunakan jantung pacu berkode K3-VE 1.300 cc untuk generasi pertama. Hingga 2015, generasi keduanya mulai mengadopsi mesin 1 NR-VE 1.300 cc.

Berbeda dengan mesin kode NR lain seperti milik Sienta atau Yaris yang merupakan buatan Toyota, mesin Avanza sejak awal dibuat oleh Daihatsu. Untuk detail mesin tersebut, simak informasi di bawah ini:

Mesin Toyota Avanza 1.300cc K3-VE (2003 – 2015)

  • Kapasitas: 1.298 cc
  • Tenaga maksimum: 92 PS @ 6.000 rpm
  • Torsi maksimum: 11,9 kgm @ 4.400 rpm
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic

Mesin Toyota Avanza 1.300cc 1 NR-VE (2015 – sekarang)

  • Kapasitas: 1.329 cc
  • Tenaga maksimum: 96,5  PS @ 6.000 rpm
  • Torsi maksimum: 12,3 @ 4.200 rpm
  • Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic

Tips beli Avanza bekas 1.3G manual

Sonni menyebut, sebenarnya Avanza tergolong mobil yang minim “penyakit”. Namun, perlu diingat kebanyakan Avanza dipakai sebagai mobil harian oleh pemiliknya.

Tak jarang mobil jenis ini juga dimanfaatkan sebagai armada taksi online. Dari kondisi tersebut, ada sejumlah aspek kendaraan yang mendapat pengaruh, salah satunya adalah kondisi eksterior.

“Untuk Avanza karena ini ‘mobil sejuta umat’ maka kita harus lebih detail melihat eksteiornya, Avanza tuh pasti mobil yang dipakai sehari-hari. Jadi mesti dilihat betul body-nya, apakah ada bekas tabrakan atau bahkan banjir,” ucapnya.

Saran selanjutnya ialah untuk mengecek bagian kaki-kaki. Terutama jika usia mobil sudah lebih dari lima tahun.

“Untuk Avanza kalau sudah di atas lima tahun mungkin kaki-kakinya mulai ada ‘bunyi-bunyi’. Coba saja dicek, apakah di rack steerball joint, atau tie rod,” sambung Sonni.

Selebihnya, adalah hal-hal umum yang mesti diperiksa, seperti kelengkapan surat-surat kendaraan dan jumlah jarak tempuh di odometer.*

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id.

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top