Tips Membeli Mobil Bekas Diesel Dengan Benar

Desember 19th, 2018 by Oline

Tips membeli mobil bekas Diesel harus diperhatikan oleh Anda yang memang sedang mencari produk mobil bekas Diesel tersebut. Membeli mobil bekas memang punya keuntungan tersendiri, apalagi perihal budgeting yang lebih sedikit. Maka dari itu, jika Anda berencana untuk membeli mobil bekas Diesel, tips berikut ini sebaiknya bisa Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membelinya.

1. Lakukan Pemeriksaan Mesin Filter

Ketika akan membeli mobil bekas maka perlu sangat berhati-hati dan teliti ketika memeriksanya. Pastikan Anda membuka bagian kap mobil untuk memeriksa keadaan mesin, apalagi penggunaan mesin diesel terbilang masih cukup langka dan perlu pengecekan yang lebih juga untuk melihat kualitasnya.

Sebelum membeli Anda bisa melihat kondisi mesin dalam kap, misalnya adakah ceceran oli, knalpot dalam keadaan basah atau kering di manifold nya, hingga pemeriksaan selang pernah steering dikhawatirkan mengalami kebocoran. Perhatikan juga kondisi buatnya, jika rusak atau banyak cacat, otomatis sudah banyak dilakukan pembongkaran pada mesin.

2. Cek Air Radiator

Hal lain yang jadi tips membeli mobil bekas diesel adalah dengan cek air radiator. Jika Anda akan mengecek kondisi mobil namun keadaannya masih dingin dan belum dipanaskan, maka Anda bisa melakukan pengecekan dengan membuka tutup air radiator. Lihatlah kondisi airnya, jika keruh, tentunya menjadi perhatian bahwa mobil kurang dilakukan perawatan. Kondisi air yang radiator yang terawat, itu berwarna merah atau hijau.

3. Kontrol Bagian Transmisi dan Bagian Lainnya

Sebelum bagian transmisi, lihatlah terlebih dahulu bagian Oli Gardannya. Anda bisa cek apakah oli masih cukup baik atau malah kering. Begitu halnya dengan bagian transmisi, pastikan ada kebocoran atau tidak. Hal lain yang perlu diperhatikan pun adalah bagian kolongnya atau kaki-kaki. Sebaiknya, pilihlah mobil dengan bagian kolong atau kaki-kaki yang masih kuat dan tidak rapuh. Hal ini penting sekali dilakukan untuk keamanan dan kelancaran pengemudi nantinya.  Sedangkan cara mudah mengecek kaki-kaki atau shock breaker bisa dengan melakukan penekanan pada bodi mobil Anda.

4. Nyalakan Mesin

Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk menghidupkan mesin mobil yang ingin Anda beli. Misalnya ketika Anda mencoba menjalankannya, pastikan tidak ada bunyi aneh yang keluar dari mesin. Atau Anda juga cobalah menggunakan gas pedal mobil sedikit-sedikit. Jika bagus tentunya suaranya padat atau memiliki tekanan. Jangan lupa pula untuk mengecek mesin mobil dengan membuka tutup oli ketika dihidupkan, apakah keluar asap atau tidak. Jika keluar, tentu kondisi mesin mobil tidak baik dan harus turun mesin karena ada masalah di bagian kompresi.

Selain beberapa hal tadi, Anda juga harus mempertimbangkan bagian bodi, desain, kontrol setir, rem dan sebagainya, hingga kondisi kabel dan aksesoris. Atau jika memungkinkan, tips membeli mobil bekas Diesel yang bisa Anda lakukan adalah dengan langsung mengecek ke bengkel terpercaya agar lebih akurat. Lebih bagus lagi jika membelinya di Caroline, sebab di sana Anda bisa dengan mudah menemukan dan membeli mobil bekas diesel yang terjamin kualitasnya, dengan begitu Anda akan mendapat untung lebih tanpa perantara.

Top