Tips Menggunakan Mobil Matic

Tips Menggunakan Mobil Matic di Tanjakan

Mengendarai mobil di tanjakan lebih susah, apalagi dalam kondisi macet. Menggunakan mobil matic pastinya lebih gampang. Simak Tips Menggunakan Mobil Matic di tanjakan berikut ini:

1. Perhitungkan seberapa curam tanjakan yang akan dihadapi

Dengan memperhitungkan dan memperkirakan seberapa tingkat kecuraman tanjakan, maka pengemudi akan lebih mudah mengatur mobilnya. Hal hal yang perlu diatur adalah tenaga yaitu gas, lalu posisi transmisi. Pengemudi wajib hafal transmisi mobil matic, seperti N adalah netral, P untuk kondisi parkir, R untuk mundur, dan D adalah untuk kondisi maju secara normal. Ada juga posisi transmisi lainnya yaitu D1, D2, dan D3. Ketiga posisi transmisi terakhir inilah yang bisa sangat penting untuk dioperasikan saat tanjakan. Setelah hafal semua posisi transmisi dan kegunaannya, kini pengemudi hanya perlu memperhitungkan tingkat kecuraman, dan menyesuaikan seberapa gas yang akan diinjak, dan transmisi apa yang akan dipilih.

2. Menyesuaikan transmisi

Dalam kondisi tanjakan pengemudi sebenarnya juga perlu terlalu buru buru memindah transmisi. Transmisi D normal sebenarnya masih mampu menanjak di jalan tanjakan yang tidak terlalu curam. Jika dirasa tanjakan sudah terlihat terlalu curam, maka pengemudi harus segera mengganti ke transmisi D2. Penggantian transmisi ini haruslah diwaktu yang tepat agar mobil tidak melorot. Jika tanjakan dirasa sangat curam, maka segeralah pindah ke transmisi D1. Transmisi D1 ini adalah sama dengan transmisi gigi 1 di mobil manual.

(Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter)

3. Hindari menginjak rem saat pindah gigi

Umumnya pengemudi akan terbiasa untuk menginjak rem dulu untuk mengganti transmisi di mobil matic. Namun dalam kondisi tanjakan hal itu sangat tidak disarankan, karena hal itu dapat membuat mobil kehilangan tenaga dan membuat pengemudi kehilangan momentum untuk menanjak dengan optimal. Cara mengganti persneling yang tepat adalah dengan menekan tombol yang ada pada tuas transmisi matic. Tombol ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan kopling di mobil manual.

4. Perbanyak latihan

Pada akhirnya jam terbanglah yang membuat cara menanjak dengan mobil matic menjadi semakin baik. Dengan jam latihan yang tinggi pengemudi dapat lebih mudah menyesuaikan diri dan kendaraannya dengan berbagai macam kondisi. Dengan latihan yang cukup, juga diharapkan bahwa pengemudi dapat mengenal kondisi mobilnya dengan lebih baik. Karena kondisi tiap mobil bisa saja berbeda, contohnya adalah saat membawa mobil matic dengan 1000cc memerlukan perhitungan yang lebih jeli karena tenaganya yang lebih kecil. Akan berbeda pula perhitungannya jika membawa mobil matic 2000cc ke jalan tanjakan.  Tenaga mobil yang lebih besar memang tidak dipungkiri lagi akan memberikan tingkat kemudahan yang lebih tinggi saat menanjak.

Semoga Tips Menggunakan Mobil Matic diatas dapat bermanfaat, dan silahkan cek www.caroline-id.com untuk tips dan informasi seputar mobil lainnya. Caroline: untung lebih tanpa perantara.