Tips Mudah Cara Mengganti Oli Mobil

Tips Mudah Cara Ganti Oli Mobil

Bagi Anda yang menggunakan mobil untuk transportasi sehari – hari, tentu perlu untuk melakukan perawatan. Termasuk mengganti oli mobil Anda secara berkala agar performa mobil tetap baik dan nyaman saat digunakan. Tapi untuk Anda yang tak sempat ke bengkel, untuk mengganti oli, dapat mengikuti beberapa cara ganti oli mobil berikut ini :

Membuang oli lama

Untuk membuang oli lama, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan kendaraan. Gunakan dongkrak / penyangga agar mobil dapat terangkat dan proses membuang oli dapat dilakukan dengan mudah. Agar mobil tidak bergeser atau bergerak, pastikan bahwa Anda telah memasang rem tangan dan mengganjal bagian roda dengan menggunakan balok.

Selanjutnya Anda dapat mulai dengan membuka penutup oli agar udara dapat masuk dan memudahkan oli keluar. Jangan lupa untuk meletakkan baki / wadah sebagai tempat penampung oli lama dan tunggu hingga seluruh oli yang ada dalam mesin mobil Anda keluar seluruhnya.

Mengganti saringan oli

Langkah cara ganti oli mobil selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengganti saringan oli. Hal ini perlu untuk Anda lakukan agar mesin mobil tetap bekerja dengan baik. Ini salah satu hal yang sering diabaikan saat mengganti oli mobil. Saringan ini memiliki bentuk silinder dengan kisaran panjang 10 – 15 cm yang dapat terletak di bagian depan, belakang atau samping mesin.

Untuk Melepas saringan ini dapat dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Selanjutnya ganti saringan dengan saringan oli baru yang telah Anda lumasi dengan oli pada bagian seal lingkarannya, dan pasang sesuai dengan instruksi  petunjuk yang ada. Sebelum memasang atau memberi pelumas agar membersihkan saringan terlebih dahulu.

Baca Juga : (Cara Merawat Aki Mobil yang Mudah Dilakukan)

Menuangkan oli baru

Setelah seluruh cara ganti oli mobil di atas selesai dilaksanakan, langkah selanjutnya adalah menuangkan oli baru melalui lubang pengisian oli yang ada di mobi Anda. Sebelum menuang oli sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa oli yang akan Anda gunakan telah tepat dan jumlah yang dituangkan sesuai dengan petunjuk yang ada pada buku penggunaan mobil. Setelah Anda selesai mengisi oli baru, selanjutnya jangan lupa untuk memasang tutupnya kembali dan bersihkan dari tetesan oli

Cek kembali indikator tekanan oli

Setelah selesai menuangkan oli, selanjutnya Anda perlu memperhatikan indikator tekanan oli. Indikator ini dapat Anda lihat saat menyalakan mesin, bila indikator dalam kondisi mati, selanjutnya periksa kembali apakah ada kebocoran yang ditunjukkan dari adanya tetesan – tetesan oli saat mesin dinyalakan. Bila terjadi kebocoran, Anda dapat segera mengencangkan kembali baut penutupnya agar lebih rapat.

Pada dasarnya mobil Anda adalah sebuah mesin yang tentunya sangat memerlukan perawatan agar selalu dapat mempermudah Anda. Perawatan terkait mengganti oli adalah perawatan dasar yang mestinya diperhatikan. Semoga tips mengenai cara ganti oli mobil di atas dapat membantu Anda.