Beragam Tujuannya, Mobil Bekas Masih Jadi Primadona di Indonesia

April 16th, 2019 by Carol

Kondisi perekonomian dalam negeri yang terus membaik mendorong tumbuhnya penjualan kendaraan bermotor di Indonesia, khususnya mobil. Uniknya, menurut data IPSOS (2016), penjualan mobil di Indonesia didominasi oleh pasar mobil bekas. Permintaan mobil bekas memang cukup tinggi. Pada awal 2018 lalu, angkanya bahkan meningkat drastis, yakni hingga 90 persen dari tahun sebelumnya. Signifikansi kenaikan permintaan ini dibuktikan juga dengan peningkatan harga mobil bekas sekitar 10 persen serta menjamurnya marketplace untuk mencari mobil bekas. Semakin banyak pilihan atau opsi untuk menjual dan membeli mobil bekas.

Mobil bekas memang masih jadi primadona di Indonesia karena mampu menjawab tujuan dan alasan calon pembelinya. Tujuan dan alasan ini sangat beragam. Anda yang berniat menjual mobil bekas mungkin bisa lebih yakin dan lebih mudah dalam menentukan calon pembeli potensial dengan memahami macam-macam tujuan dan alasan mengapa mobil bekas masih dicari.

Baca Juga: Pasar Mobil Bekas di Indonesia Semakin Diminati

Alasan Kantong

Tujuan utama mengapa orang mencari mobil bekas rata-rata adalah menyesuaikan kantong alias mencari harga terjangkau. Terlebih, dengan harga relatif sama atau bahkan lebih murah dari mobil produksi baru, memang ada nilai lebih yang bisa didapatkan konsumen dari mobil bekas. Dengan dana yang sama, misalnya. Fasilitas yang bisa didapat dari mobil bekas keluaran Eropa jauh lebih unggul ketimbang mobil baru merek Jepang kelas menengah. Maklum, mobil bekas keluaran Eropa merupakan mobil kelas atas yang menawarkan berbagai fasilitas mewah ala mobil Eropa dari desain hingga teknologi di dalamnya.

Tak hanya itu, secara ekonomi, mobil bekas masih jadi primadona karena lebih banyak orang mencari aset yang nilainya tidak mudah drop atau turun. Hal ini mengingat harga jual kembali mobil bekas tidak akan serendah harga mobil baru yang bisa jeblok karena depresiasi hingga 20-30 persen dari harga awal.

Atas Nama Kebutuhan

Kebutuhan tertentu membuat opsi memiliki mobil bekas sebagai tambahan kendaraan lebih baik daripada membeli mobil baru. Secara individual, kebutuhan ini bisa saja berasal dari mereka yang membutuhkan atau menginginkan punya lebih dari satu mobil karena adanya regulasi plat nomor kendaraan, seperti Ganjil-Genap di Jakarta. Kebutuhan akan lebih dari satu mobil ini bisa juga dipicu oleh alasan banyak dan beragamnya kesibukan dalam satu keluarga.

Selain itu, kebutuhan akan mobil bekas juga muncul dari pelaku bisnis. Beberapa industri memang membutuhkan kendaraan yang mungkin jauh lebih efisien jika didapat dari pasar mobil bekas. Pelaku bisnis ini antara lain mencakup dealer, pemilik jasa penyewaan mobil, atau pekerja online ride hailing app (angkutan online atau berbasis daring).

Demi Kesenangan

Ada orang-orang yang sengaja atau hanya bisa mencari mobil bekas karena itu menjadi jawaban terbaik untuk memuaskan kesenangan mereka. Para kolektor atau penggemar classic cars, misalnya. Hobi yang satu ini rasanya memang sangat terwadahi oleh adanya pasar mobil bekas. Sesuai namanya, kebanyakan atau malah hampir seluruh classic cars sudah tak diproduksi lagi. Jika mencari keluaran terbaru sudah tak mungkin lagi, mencari bekasnya otomatis jadi solusi.

Selain itu, mobil bekas juga jadi primadona bagi mereka yang gemar memodifikasi dan mencoba berbagai tipe kendaraan. Demi lebih menghemat biaya dalam memuaskan dua macam hobi tersebut, kebanyakan akan memilih mobil bekas yang secara harga dan kondisi tidak sayang untuk diotak-atik. Lagi-lagi, poin harga jual kembali yang tidak akan turun terlalu jauh juga jadi alasan mengapa mobil bekas dicari oleh mereka yang menjadikan otomotif sebagai hobi.

Temui Calon Pembeli Mobil Bekas yang Paling Potensial

Anda dapat menemukan calon pembeli mobil bekas yang paling potensial di Caroline, online marketplace yang menjadi solusi baru jual beli mobil bekas. Dengan sistem penawaran harga, mobil bekas Anda akan dibeli oleh calon pembeli yang paling menginginkan atau membutuhkan mobil Anda karena berani menawar atau mengajukan harga tertinggi.

Baca Juga: Jual Mobil Bekas dengan Harga Terbaik, Kata Siapa Tidak Mungkin?

Menjual mobil bekas lewat Caroline juga memungkinkan Anda bertemu dengan pembeli potensial karena Caroline menjamin keamanan dan kenyamanan proses jual beli dari awal hingga akhir. Lengkapnya layanan mulai dari inspeksi gratis oleh tenaga profesional serta terpercaya untuk menentukan nilai dan harga dasar kendaraan, buyback warranty yang menjamin kondisi kendaraan, hingga bantuan sistem pengajuan kredit menjadi alasan mengapa calon pembeli potensial akan mencari dan memilih mobil bekas yang Anda tawarkan di Caroline. Jangan ragu lagi, Caroline memang sebuah solusi yang menguntungkan penjual maupun pembeli!

Top