Wajib Tahu, Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Eror

April 3rd, 2019 by Oline
Cara Memperbaiki Alarm Mobil

Memiliki mobil pribadi membuat Anda harus menjaga kondisinya sebaik mungkin agar bisa digunakan setiap hari tanpa menemui masalah. Mobil memiliki banyak sekali komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya untuk membuat mobil bisa dipakai.

Keamanan mobil pun juga penting untuk dimiliki. Salah satunya adalah dengan adanya alarm di masing-masing mobil. Sayangnya, alarm mobil bisa mengalami eror. Kondisi tersebut pasti sangat mengganggu. Ketika eror, alarm mobil bisa tiba-tiba menyala sendiri padahal tidak siapapun yang berdekatan dengan mobil, atau bahkan kadang alarm sama sekali tidak berfungsi. Untuk itu, di bawah ini ada cara memperbaiki alarm mobil yang eror.

Baca buku panduan mobil

Cara pertama memperbaiki alarm mobil yang eror adalah dengan membaca buku panduan mobil Anda. Ketika Anda membeli mobil, pastinya Anda akan mendapatkan buku panduan. Dari buku panduan tersebut, Anda bisa melihat bagaimana memperbaiki bagian alarm mobil. Walau mungkin informasinya tidak lengkap, bisa saja ada bantuan yang cukup berguna untuk Anda coba.

Periksa baterai alarm

Jika di dalam buku panduan tersebut tidak mendapatkan petunjuk untuk memperbaiki alarm, cara selanjutnya adalah memeriksa baterai alarm. Ya, tidak hanya remot mobil saja, alarm mobil menggunakan baterai juga. Maka dari itu, Anda bisa mengecek apakah baterai alarm mobil masih berfungsi atau ternyata memang sudah habis. Jika sudah habis, cobalah menggantinya terlebih dahulu untuk melihat apakah memang itu masalah utama dari eror-nya alarm mobil Anda karena bisa saja ada masalah lain yang menyebabkan alarm mobil Anda rusak.

(Baca juga: Selain Aki Soak, Inilah Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter)

Tidak ada gangguan antara remote dengan alarm

Cara ketiga memperbaiki alarm mobil yang eror adalah pastikan tidak ada gangguan antara remot dengan alarm. Biasanya ketika Anda menekan tombol remot alarm mobil, maka mobil bisa segera memberikan respon. Namun jika gelombang radio yang dihasilkan remot tidak membuat alarm memberikan respon, maka bisa saja ada gangguan yang terdapat di tengah-tengah remot dengan alarm.

Untuk mengetesnya, Anda bisa menekan tombol remot dari berbagai sudut dengan mengarahkan remot ke mobil Anda untuk mengetahui apakah masalahnya memang dari hal ini atau ada masalah lainnya.

Matikan alarm

Jika semua cara-cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalah alarm mobil Anda, maka sebaiknya Anda mematikan alarm. Mengapa demikian? Karena seperti yang ditulis di atas, alarm yang bermasalah akan membuatnya menyala secara tiba-tiba bahkan sulit dimatikan. Daripada Anda mengganggu lingkungan sekitar sehingga menimbulkan masalah baru, maka matikan saja alarm mobil Anda hingga dibawa ke bengkel. 

Bawa ke bengkel

Ya, cara terakhir ketika Anda ingin memperbaiki alarm mobil adalah membawa ke bengkel. Banyaknya bengkel yang tersedia terkadang membuat Anda memilih bengkel secara sembarangan. Lebih baik Anda membawa mobil ke bengkel resmi sesuai pabrikan mobil Anda. Hal ini dikarenakan mobil yang Anda gunakan akan ditangani sesuai prosedur pabrik tersebut. Jika memang ada sparepart mobil yang diganti, maka penggantinya pun resmi dari pabrik mobil yang sama. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan kualitas yang sama bagusnya seperti saat Anda baru membeli mobil tersebut.

Itulah cara-cara untuk memperbaiki alarm mobil yang eror. Alarm mobil memang bagian penting untuk keamanan mobil juga, jadi jangan pernah anggap remeh masalah ini. Segera ikuti cara-cara di atas jika melihat masalah di alarm mobil Anda.

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

 

Top